Saturday, January 17, 2015

Review Pemanas Air Gas Elpiji vs Listrik

contoh pemasangan pemanas air gas di kamar mandi 
Review only

Pemanas air gas merupakan salah satu jenis dari water heater yang menggunakan gas elpiji sebagai sumber energi utamanya.Tidak diragukan lagi alat pemanas air mandi bertenaga gas lebih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia atas pertimbangan harga dan biaya pemakaian yang sangat ekonomis serta tingkat keamanannya. 



Sesuai dengan definisi dan fungsinya pemanas air berguna sebagai alat canggih untuk memanaskan air baik itu untuk kebutuhan minum ataupun mandi namun pembahasan utama pada artikel sekarang ini adalah alat pemanas atau yang lebih populer dengan water heater yang berguna untuk keperluan mandi hangat.


Pemanas Air Gas Murah

Ada beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh alat pemanas air lainnya selain gas, salah satu contohnya adalah hemat bahan bakar karena cara kerja utamanya sangat bergantung pada gas elpiji. 


Menurut pengalaman para pengguna water heater gas di kota bandung, daya tampung gas elpiji bisa bertahan hingga 1-2 bulan untuk pemakaian keluarga kecil (4 anggota) menggunakan tabung gas kecil ukuran 5 kg. Jika harga gas elpiji adalah 15 ribuan maka pengguna cukup mengeluarkan biaya 30. 000 an saja untuk per dua bulan ... cukup hemat dan irit bukan? disamping itu harga pemanas air gas adalah yang termurah dijual dipasaran dibandingkan listrik apalagi tenaga surya matahari.


Keunggulan lainnya pemakaian pemanas air berbahan bakar gas jauh lebih aman karena pengguna akan terhindar dari konsleting listrik, adapun issue tentang ledakan tabung gas tentu sangat mudah diakali yaitu dengan menempatkan tabung diluar ruangan kamar mandi sehingga lebih aman dan nyaman dipandang. 


Disamping itu ruangan kamar mandi harus memiliki ventilasi pembuangan udara yang cukup sehingga sirkulasi udara kamar mandi lancar



Selain biaya pembelian gas isi ulang, terdapat juga biaya lainnya yaitu untuk pengisian daya listrik menggunakan batterai ukuran jam dinding (agak besar) tapi tidak usah kuatir karena kekuatan batterai ini sangat lama bisa bertahan hingga 3 bulanan bahkan lebih. Adapun beberapa diantara pemanas air gas yang biasa dijual dipasaran antara lain :
  • Rinnai
  • Wasser
  • Paloma
  • Gainsborough
  • Ariston
  • Modena


Prinsip Kerja

Pemanas air gas kamar mandi sangat praktis dan aman, seperti layaknya anda memasak air pada kompor gas namun prinsip kerja pada pemanas air cenderung lebih cepat hangat dan instan yaitu saat keran di buka maka air akan mengalir secara langsung dalam keadaan hangat/panas sesuai setingan tombol pengatur suhu yang diinginkan. 



Batterai berfungsi untuk menyalakan pemantik disaat melakukan proses pemercikan api sehingga bertemu dengan gas yang dialirkan bersama tekanan air, dalam waktu sekejap api akan menyala untuk memulai proses pembakaran pada tembaga tempat saluran air sehingga secara langsung saat air keluar dari keran sudah dalam keadaan panas. Bagi para pembaca bisa melihat koleksi pemanas air gas bekas untuk semua merk di menu Produk Pemanas Air Bekas kami atau bisa juga melihat lihat lihat salah satu jasa kami terlebih dulu


Pemanas Air Gas vs Listrik

Jika keunggulan dan prinsip cara kerja pemanas air gas elpiji telah disinggung pada pembahasan diatas maka sekarang mari menengok sekilas tentang merk ariston terbaik dari pemanas air listrik. Memang banyak diakui ariston lebih banyak mendominasi pasar heater dengan kategori listrik dianggap yang terbaik dan paling jago pasalnya alat pemanas yang satu ini telah dilengkapi oleh circuit brake automatic yang berfungsi untuk memutus aliran listrik saat terjadi konsleting. 


Disamping itu tidak terlalu boros menghabiskan daya listrik dan sudah berbentuk tankless yang dilapisi anti karat/bocor. Tetapi sehebat apapun ariston listrik masih tetap melirik keunggulan pemanas air gas paloma sehingga belakangan ariston pun merilis produk heater dengan jensi gas di pasaran tidak mau kalah teknologi elpiji disabet ariston demi memperluas marketing. Demikian ulasan sekilas tentang Review Pemanas Air Gas Elpiji vs Listrik